indahnya berbagi informasi

a. fathur

indahnya berbagi informasi - a. fathur

MENCARI JURNAL DARI PERGURUAN TINGGI YANG DIINGINKAN

Dalam mencari referensi ilmiah kadang-kadang kita memerlukan karya-karya Pakar/Ilmuwan dari Perguruan Tinggi tertentu, baik dalam negeri maupun luar negeri. Jika sudah kenal nama pakar/ilmuwannya kita akan sangat mudah dengan menuliskan nama pakar/ilmuwan itu di Google atau Google Scholar.

Namun kadang-kadang kita memerlukan jurnal ilmiah yang menjadi referensi yang sesuai dengan karya yang akan dan sedang kita buat. Seperti yang telah kami jelaskan pada tulisan sebelumnya bahwa kita dapat menuju perguruan tinggi penerbit karya ilmiah yang kita inginkan baik di Google maupun di google scholar.

Untuk lebih jelasnya kami ulang cara mengakses karya ilmiah yang teah dipublikasikan secara terbuka oleh peguruan tinggi / lembaga pendidikan baik dalam maupun luar negeri  melalui Google Scholar dengan contoh sebagai berikut.

Misalnya kita akan mencari jurnal tentang “pemberdayaan masyarakat desa” dan kita ingikan artikel jurnal tersebut khusus terbitan Universitas Indonesia. Di Google Scholar kita ketik sebagai berikut:

site:ui.ac.id  pemberdayaan masyarakat desa

Mencari Jurnal di Google Scholar ke Alamat Tertentu

Mencari Jurnal di Google Scholar ke Alamat Tertentu

Hasil Pencarian Jurnal di Google Scholar ke Alamat Tertentu

Hasil Pencarian Jurnal di Google Scholar ke Alamat Tertentu

selanjutnya kita akan dapat artikel sesuai kata kunci tersebut khusu dari Universitas Indonesia.

Selanjutnya yang terpenting adalah, kita mengetahui alamat web resmi perguruan tinggi / lembaga pendidikan yang kita inginkan (atau sebelumnya kita dapat mencari terlebih dahulu alamat remi peguruan tinggi yang dimaksud dari Google umum).

Misalnya dari perguruan tinggi luar negeri seperti harvard university dengan alamat web http://harvard.edu, kita akan mencari jurnal dengan kata kunci “empowerment of rural communities” terbitan Harvard University.

Untuk memperolehnya di Google Scholar kita tuliskan:

site:harvard.edu  empowerment of rural communities

Selanjutnya kita akan memperoleh artikel jurnal yang diinginkan dengan cepat dan mudah. Kepiawaian kita menentukan kata kunci juga menjadi salah satu penentu mudahnya kita memperoleh artikel ilmiah yang diinginkan.

Contoh Hasil Pencarian dari Harvard

Contoh Hasil Pencarian dari Harvard

Semoga bermanfaat.

 

Category: Uncategorized
css.php