indahnya berbagi informasi

a. fathur

indahnya berbagi informasi - a. fathur

Memanfaatkan Google Drive untuk Data dan Aplikasi iClouds Pribadi

Icon Google Drive

Icon Google Drive

Dari berbagai sumber menyampaikan bahwa Google telah menyediakan berbagai layanan untuk para pengguna, dengan sistem Single Sign On (SSO), masuk ke aplikasi Google dengan satu akun (akun email di Gmail)  berbagai aplikasi google dapat digunakan oleh semua penggunanya, seperti Google drive, Youtube, Googledoc, Google Maps, dll.

Telah dijelaskan di Wikipedia bahwa Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012. Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 15 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu.

Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. saat ini GDrive memberikan kapasitas gratis sebesar 15 GB (untuk kapasitas lebih dari itu disediakan untuk akses berbayar) dan tentunya fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search. Fitur yang bisa digaris bawahi dari GDrive adalah API’s untuk para Developer. Hingga kini GDrive telah terhubung dengan puluhan aplikasi pihak ketiga.

Akses Google Drive

Akses Google Drive

Di dalam Googledrive telah termasuk Googledoc yang membantu memudahkan penggunaan aplikasi office baik berupa document, form, presentation, spreedsheet, serta aplikasi pdf reader, video/musik player, apliasi Zip/rar, dll.
untuk mengaksesnya cukup dengan ketik alamat http://drive.google.com.

Yang lebih menarik lagi di google drive ini, di samping dapat mengimpan data pribadi kita seperti halnya piranti simpan biasa (Hardisk, Flasdisk, dll), juga kita dapat mengelola berbagai dokumen keperluan kita dengan semua aplikasi yang dibutuhkan, tanpa harus menginstalasi sistem aplikasinya di perangkat kita, karena apliasinya telah disiapkan oleh Googole Aps.  Yang sinkron dengan berbagai perangkat yang kita miliki, seperti PC tablet, smarphone, ps desktop, notebook, maupun perangkat lainnya yang dapat mengakses internet.

Tampilan Google Drive

Tampilan Google Drive

Selanjutnya dalam mengelola google docs misalnya kita dengan membuat file document, dapat di share dengan pengguna lain untuk turut bersama-sama mengelola file tersebut.

Fasilitas utama layaknya kita punya piransi simpan dan aplikasi yang berada di awan (iClouds) yang diakses pribadi untuk kepentingan kita. Menu fasilitasnya sepertti gambar berikut.

Fasilitas Google Aplikasi Drive

Fasilitas Google Aplikasi Drive

Hal yang paling menguntungkan sesuai pengalaman saya adalah membantu menyelesaikan masalah sulistnya transfer data ke berbagai perangkat teknologiinformasi yang kita gunakan (misalnya dari PC desktop, ke tablet, smartphone, ddll.) upload saja file-file tersebut ke Google drive, permasalahan transferdata akan terselesaikan. Kita dapat bekerja dengan file kita di kapanpun dan dimanapun kita bekerja.

Kelemahannya adalah, koneksi internet harus stabil, sehingga akses aplikasi dan data dapat berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat.

 

Category: Uncategorized
css.php